Pages

Selasa, 01 Desember 2015

Sidak data 8355 dan Validasi Pendidikan SMP Negeri 245

BAB 1 - BAGIAN AWAL

Pendataan Realisasi data 8355 dan Validasi Pendidikan di SMPN 245 Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia 

Teach For Indonesia


BINUS University



Kelas : LV11
Dosen : Bapak Frederikus Fios / D3093
Waktu : Senin, 19 Oktober 2015 
Pukul : 07.30 – 11.00 
Lokasi : SMPN 245 Jakarta, Pesanggrahan, kelurahan Petukangan Utara
Tim yang Hadir: 
Ketua : Uki Manan Saputra 
Anggota : 
1. Bob Andrean
2. Dennis Trisaputra
3. Dian Christianto
4. Yohannes Imanuel Kanipa
5. Surya Yudhistira

Tim yang tidak hadir :

1. -



dari kiri (kepala sekolah SMPN 245 bapak Budi Susetio, Bob Andrean, Dennis Trisaputra, Uki Manan Saputra, Surya Yudhistira, Yohannes Imanuel Kanipa, Dian Christianto)


BAB 2 - BAGIAN ISI




Teori CB - Hak-Hak Karyawan

Dalam sebuah korporasi, karyawan memiliki posisi yng rentan untuk dieksploitasi oleh para pemilik perusahaan atau manajer yang memimpin perusahaan. Karyawan tidak memiliki kekuasaan atas korporasi dan semua agen yang menjalankan korporasi tersebut. selain itu kekuasaan dan otoritas yang dimiliki oleh para manajer tidak didasarkan pada pemilihan yang melibatkan karyawan perusahaan. Semua mereka pada emumenya ditunjuk oleh para pemilik perusahaan tersebut.

Hak-Hak Asasi Karyawan
1. Hak atas privasi
2. Kebabasan hati nurani
3. Wistleblowing
4. Hak untuk berpartisipasi dan manajemen partisipatif
5. The Right to due process versus employeement at will
6. Employee rights and plant closing
7. Unions and the right to organize

Pelaksanaan

Kami akan membahas kegiatan pendataan Validasi Pendidikan, Form 8355 dan Pendataan KJP. Yang pertama akan membahas validasi pendidikan. Tugas yang diberikan ini berupa menanyakan pertanyaan dari form yang sudah disediakan kepada pihak sekolah. Kami bertanya kepada Kepala Tata Usaha Bapak Ade Indra dan dibantu dengan staff Tata Usaha Bapak Sulman. Kami sempat bingung karena di data form tertera bahwa form diisi dengan checklist. Yang memiliki arti bahwa data-data tersebut sudah divalidasi adalah untuk memastikan apakah pihak sekolah sudah melaporkan data tersebut ke web dinas pendidikan, apabila belum mahasiswa diminta untuk memberi himbauan agar segera melaporkan data tersebut ke web dinas pendidikan. Pada saat melakukan validasi atau pendataan pihak sekolah merasa bingung dengan pertanyaan tersebut. Setelah kami jelaskan sesuai dengan prosedur yang ada di Web TFI pihak sekolah pun akhirnya paham dengan pertanyaan tersebut.




Gambar 1. 
Form Validasi Pendidikan

Kedua yaitu form 8355, form pendataan 8355 yaitu melakukan verifikasi data jumlah anak dari Dinas dengan yang ada disekolah. Setelah didata dengan data sekolah dan data yang kami terima dari TFI ada 1 siswa yang tidak ada didalam data sekolah tetapi ada didalam dinas. Data tersebut pun kami beritahukan pihak sekolah dan diinput kedalam form yang telah kami persiapkan.

Gambar 2.
Form 8355


Hasil

Setelah mewawancarai kepala Tata Usaha untuk mendapatkan data validasi pendidikan kami akhirnya mendapatkan hasil berikut ini

  1. Angka Putus Sekolah : tidak ada
  2. Jumlah siswa miskin/Kurang Mampu : 43, data berasal dari KJP, sudah diisi dan sudah divalidasi
  3. Siswa yang mempunyai KJP: 43 anak Telah dibagikan, 18 anak telah lulus dan 25 anak berada di kelas 7 dan 8
  4. Siswa yang mendapat KJP: 43 anak Telah dibagikan, 18 anak telah lulus dan 25 anak berada di kelas 7 dan 8
  5. Siswa yang mendapat beasiswa: tidak ada
  6. Kebutuhan Guru dan eksisting: kebutuhan guru tidak ada, untuk Guru eksistng, Guru tetap ada 26 orang dan guru honorer 4 orang.
  7. Jumlah siswa pertingkat: kelas 7 215 anak, kelas 8 215 anak, kelas 9 216 anak
  8. Jumlah tenaga kerja K2: Tidak ada
  9. Kondisi sekolah : Baik
  10. Berapa jumlah tenaga Guru K2: Tidak ada
  11. Jumlah tata usaha dan CARAKA K2 : Tata Usaha 3 CARAKA K2 Tidak ada
  12. Jumlah guru DPK :Tidak ada
  13. Jumlah Guru Bantu : Tidak ada
  14. Jumlah Tata Usaha dan CARAKA Murni:13
  15. Jumlah rombongan belajar: 18 kelas
  16. lokasi sekolah sudah tercantum di disdik: Sudah tercantum
  17. presentase alumni yang bekerja: -
  18. jumlah peserta inklusi: -
  19. yang diterima di perguruan tinggi negeri: - 
sementara pada data 8355 kami hanya menemukan 1 siswa yang tidak ada di sekolah namun berada di dinas.

Setelah menyelesaikan tugas,kami pun diberikan surat yang bertuliskan telah menyelesaikan tugas dan Kepala Sekolah SMPN 245 menandatangani form evaluasi kami





Referensi : http://kjp.jakarta.go.id/kjp2/public/informasiKJP.html


THANK YOU AND ENJOY :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About